CEWE NYERVISE MOTOR SENDIRI...WHY NOT? (GANTI VAN-BELT)


Halooo udah lama ga nulis di blog ini kayanya nyampe banyak banget rumah laba-labanya heheheh....
kaliini aku bakal nulis tentang pengalamanku kemaren sekitar sebulan lalu sih kayanya. jadi semua ini berawal dari keadaan si pinky (motor aku) yang udah lama banget ga diservice dan sering dianggurin dirumah karena ga ada yang make terus juga ridingnya udah ga nyaman banget jadi aku inisiatif buat service. Nah service motor akumilih disalah satu tempat service yang udah punya nama lah ya pastinya kalian semua udah pada tau. itu motor gue kan motor matic produkan jepang itu inisialnya HD dan udah tahu kan kalo nyervice motor HD itu kebengkel mana? dengan harapan elo milih bengkel yang berkualitas , terpercaya ga akan tipu-tipu dan pastimya dikasi produk original bukan yang abal-abal. Yauadah gw langsung aja kebengkel yang emang udah joinan dan mungkin satu manajemen lah ya sama produk HD tersebut nama bengkelnya itu inisial AH. Lokasinya kira-kira 30menit dari rumah tempatnya sih tetep daerah caruban area jalan raya ngawi-solo.
Jadi first step ketika elo masuk bengkel itu pertama2 harus absen alias setor data pake STNK soo jangan  sampe lupa dibawa ya STNKnya, abis itu ditanya nomor hp, keluhan pada motor, kasih kasih kunci udah. kalo pas kemaren keluhan gue cuman ada di rem kurang pakem sama handlegas yang tiba2 suka berhenti sendiri kalo ga di kasih tenaga trus sama service plus ganti oli ya perkiraan abis budget 150rb maksimal. well untuk tempatnya sendiri sih nyaman, bersih, luas (ya emang jadi satu sama dealer) cuman ga ada tv-nya jadi ga ada hiburan bikin bosen banget, beda sama kaya yang dikota2 besar contohnya jogja biasanya kalo sambil nunggu gitu dikasi teh botol sambil distelin filem. jadi mau berapa lama nungggu juga betah.waktuitu aku udah nunggu lama banget pas antrianya juga banyak mungkin karena kau nyervicenya kemarenpas hari minggu kali ya jadi banyak antrian beda lagi kalo pas weekday. Nunggu udah sekitar satu jam baru nama aku dipanggil sama petugasnya.Udah langsung aja doi ngasih listnya apa2 aja yang harus diganti ini-itu bla bla bala.ya merekasih tergantung kita kok kalo kita mau ganti ya oke,kalo engga juga gpp ga maksa secara kasar tapi alus...alus banget jadi kaya ngasih alasan kenpa kita musti ganti yang kalo dicerna seolah2 bikin itu onderdil harus ganti kaloga ganti fatal akibatnya. mentang-mentang kita cewe ga ngerti otomotif menurut mreka gampang dikibulin gitu kali ya. langsung aja gue baca isi list onderdil yang harus gw ganti  :
1. lampu bekang 2pcs
2. kampas rem belakang
3. V-belt

Nah yang bikin gue keberatan itu ganti V-beltnnya soalnya gue tahu kalo itu ga murah sist, aselinya dari 2 tahun yang lalu gue udah disaranin ganti v-belt dari jaman gw masih kuliah di jogja benean gw masih inget banget. tapi pas waktu itu untung gw telpon bapak gue dulu buat minta saran. Namanya mahasiswa kan uang masih punya ortu mana pas nannya katanya harga v-belt 250rb masa. Terus gw searchig  k mbah googlekapan sih waktunya kita harus ganti V-belt? kalo kata google ketika sppedometer kita udah diangka 24000km, sedagkan punya gw sekarang udah 54k lebihhh coy dan sekarang usianya udah 8 tahun. Yaudah gue pikir2 oke sekarang ganti ga papakali ya.kasian juga motor gw udah ditunda selama 2 tahun jadi mungkin ini waktu yang tepat ( sambil menghela nafas). oke terus gw bilang ke abangnya buat ganti aja n akhirnya gw nannya ama abang montirnya saking penasarannya kannn "mask emang kalov-belt Ausnya gimana? makin lamamakin kendor gitu apagimana?" terus doi jawab gini " enggak sih mbak kalo kendor. Tapi kalo sampe patah itu bakalnyusahin banget karena ga akan bisa buat jalan terus didorong juga susah karena  berat. kan kasihan kalo dipake perjalanan jauh . Apakaloga mau ganti sekarang ganti besok2 juga ga papa ini nomer bengkel  disave aja nnti kalo ada apa2 bisa dijemput dilokasi ". Dalamhati gw aselinya mah nakut-nakutin gw doang kan luu biar gw nurut buat ganti (orang nething). Asal kalian tahu ya v-belt gw cuman retakgini doang nih gambarnya


Dan tebel banget kan aselinya yang namanya v-belt itu bayangin 8tahun ajacuman retak masih bagus, butuh berapa tahun lagi buat tuh v-belt putus. nyampe 10-12-16 tahun kayanya masih sehat.orang strukturnya ja berserat terus kaku abis. Dalam hati gue anjir kena tipu nihh aing...ya ga kena tipu sih orang gue juga dapet barangnya kok.. cuman belum waktunya aja bangggg....uangnya pan bisa buat yang lain. jadi dari perkiraan habis 150rb jadi habis 350rb. ku menangissss soalnya itu keitung sama biaya beli oli, tune up,sama ongkos pasang.totalsegitu dah. harga oli 47rb, ongkos pasang 30rb, lampu 10rb kampas rem 24rb. gitulah rinciannya kira2

Thanks udah mau baca....
sharing aja, pada pinter

Komentar